Selasa, 11 September 2012

TAMAN NASIONAL BANTIMURUNG, SURGA BAGI KUPU-KUPU





Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung atau yang biasa disingkat dengan TN Babul merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit warga Makassar. Kenapa? Satu yang pasti, lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Makassar, hanya berjarak 40 km yang bisa ditempuh dalam waktu satu jam dengan kendaraan pribadi atau dua jam dengan kendaraan umum. Taman nasional yang terletak di Kabupaten Maros ini memiliki cukup banyak keunikan. Salah satunya adalah lokasinya yang terletak di kawasan Karst Maros yang merupakan karst terbesar dan terindah kedua di dunia setelah karst di China.




Potensi wisata alam di Indonesia memang tidak akan habis. Selain keindahan gua dan air terjunnya serta Karst kedua terluas di dunia, Taman Nasional Bantimurung Bulusarung juga memiliki keindahan dari ratusan spesies kupu-kupu.Begitu tiba di tempat ini, Anda akan disambut dengan patung raksasa dan monyet yang besar. Kupu-kupu dan kera adalah maskot dari Taman Nasional Bantimurung Bulusarung. Taman Nasional Bantimurung terkenal dengan puluhan ratusan kupu-kupu dan 3 jenis di antaranya hanya terdapat di Sulawesi Selatan.





Alfred Russel Wallace, salah satu peneliti terkenal yang membagi spesies flora dan fauna di Indonesia, menuturkan Taman Nasional Bantimurung sebagai 'The Kingdom of Butterfly' di dalam bukunya, The Malay Archipelago. Di dalam bukunya, Wallace menyebutkan, terdapat 300 spesies kupu-kupu ada di tempat tersebut. Kupu-kupu juga yang membantu Wallace untuk menentukan garis pembatas flora dan fauna di Indonesia.


 Beberapa koleksi kupu-kupu dapat Anda lihat
 dari dekat di Museum Kupu-kupu. Di museum, selain koleksi asli kupu-kupu khas Sulawesi, juga terdapat jenis kupu-kupu dari berbagai pelosok Indonesia.Setelah dari museum, Anda dapat beranjak menuju ke tempat penangkaran kupu-kupu. Terdapat 2 kerangkeng besar di tempat ini. Anda juga dapat melihat secara langsung kehidupan kupu-kupu dari dekat. Mulai dari telur, ulat, kepompong, hingga menjadi kupu-kupu yang cantik. Selain itu, Jangan lupa, untuk berbelanja souvenir cantik yang bertema kupu-kupu di tempat ini.

Kupu-kupu adalah salah satu satwa yang cantik dan digemari hampir setiap orang. Maka, kita harus menjaga dan melestarikan kehidupan kupu-kupu tersebut. Tempat penangkaran dan museum kupu-kupu adalah tempat belajar Anda untuk menjaga kelestarian kupu-kupu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar